Berikan Pencahayaan Yang Cukup Di Rumah Anda

Ada dua macam pencahayaan yang dibutuhkan untuk rumah kita, yaitu cahaya alami dan cahaya buatan. Idealnya setiap ruangan mendapatkan cahaya matahari pagi untuk membunuh kuman-kuman dan untuk menghindari kelembaban undara. Namun tidak mudah untuk mendapatkan lahan diman posisi setiap ruang tersinari oleh sinar matahari pagi. Seminimal mungkin setiap ruangan mendapatkan cahaya alam baik secara langsung maupun tidak langsung

Pada prinsipnya cahaya yang diperlukan suatu ruangan harus mempunyai intensitas yang sesuai peruntukannya. Luas jendela untuk pencahayaan alam minimal 20 % luas lantai. Cahaya diukur dengan satuan foot candle (fc) atau lux. 1 lux terangnya sama dengan cahaya yang dihasilkan sebuah lilin standar pada jarak 1 kaki yang menerangi bundaran dengan jari-jari 1 kaki. Intensitas cahaya yang dibutuhkan setiap ruang berkisar antara 50-200 lux.

• Dapur memerlukan 200 lux
• Kamar tidur 100 lux
• Kamar mandi 100 lux
• Ruang makan 100 lux
• Ruang belajar sekurang-kurangnya 100 lux
• Ruang tamu di atur sesuai selera penghuni

Yang perlu diperhatikan dalam merancang letak lampu adalah jangan sampai menyilaukan mata. Sumber cahaya yang bergerak dan berkedip akan menyebabkan mata tidak nyaman. Warna cahaya untuk membaca atau menulis adalah putih atau tidak berwarna. Sedangkan untuk ruang tidur atau ruang tamu dapat dipilih sesuai selera, warna yang lembut misalnya hijau atau biru.
(ahmad mutakabbir)


0 comments:

Posting Komentar

  ©Template by classicstudio,s blog.