Ventilasi Alam Yang Baik

Ventilasi alam yang baik dalam suatu ruangan memerlukan persyaratan-persyaratan tertentu diantaranya yang penting adalah luas lubang ventilasi tetap, minimum 5 % dari luas lantai ruangan, sedangkan luas ventilasi incidental ( yang dapat dibuka dan ditutup ) minimum 5 % luas lantai .

Penting untuk diperhatikan adalah :

  1. Udara yang masuk adalah udara yang bersih, tidak tercemar dari asap dapur, pembakaran sampah , atau sumber-sumber lain di sekitar pemungkiman.
  2. Aliran udara di atur dengan meletakkan lubang ventilasi yang berlawanan arah, tetapi perlu diingat jangan sampai menimbulkan aliran angin yang berlebihan.
  3. Kelembaban udara juga perlu mendapat perhatian, misalnya menanam pohon hias atau tumbuhan pelindung di halaman (untuk menghindari cahaya Matahari Langsung) sangat membantu dalam memberikan kesegaran udara.
  4. Penggunaan lampu penerangan dengan bahan bakar seperti lilin, petromaks/lampu minyak dan sebagainya akan menggunakan O2 dan menghasilkan CO2 . Oleh karena itu ventilasi harus mendapat perhatian lebih serius.

(ahmad mutakabbir)


1 comments:

rara 28 April 2009 pukul 16.56  

gambarnya ko pemandangan ga ada hububannya

Posting Komentar

  ©Template by classicstudio,s blog.