Jadikan Ruang Makan Anda Lebih Hidup


Penataan ruang makan memerlukan perhatian yang sama seperti ruang tamu dan ruang lain dalam sebuah hunian. Dengan penataan ruang makan yang tepat dapat memberikan kenyamanan, nilai estetika , dan dapat menambah selera makan penghuninya. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan

dalam penataan ruang makan :
Keserasian warna dalam sebuah ruangan. Agar ruang makan lebih hidup, buatlah permainan warna antara sarung kursi, taplak meja makan, serbet dan dinding. Warna-warna cerah seperti hijau dan kuning ternyata dapat membangkitkan selera makan.
Besarnya meja dan jumlah kursi pada ruang makan harus sesuai dengan besar ruangan dan jumlah anggota keluarga. Apabila ruang makan cukup besar, Anda dapat menggunakan meja makan berbentuk lingkaran karena dapat memberi kesan akrab antar anggota keluarga. Namun, bila ruang makan tidak cukup besar, sebaiknya gunakan meja yang berbentuk persegi panjang dan menggunakan bentuk kursi yang simpel. Untuk lebih mendukung konsep hunian, meja makan dengan material kaca transparan atau kayu tanpa ornamen sangat dianjurkan pada hunian berkonsep modern (minimalis).
Untuk ruang makan yang menjadi satu dengan ruang lainnya seperti dapur dan ruang keluarga, dapat di pasang warna dan jenis keramik lantai yang berbeda. Dengan cara seperti itu, selain dapat membedakan fungsi ruang, perbedaan warna lantai tersebut mampu membuat ruang makan juga menjadi lebih menarik.
Selain ruang keluarga, ruang makan juga sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Untuk itu pengaturan sirkulasi udara dan pencahayaan perlu diperhatikan. Pada ruang makan sebaiknya mendapatkan bukaan yang cukup banyak. Kita dapat mensiasatinya dengan menempatkan meja makan di tempat yang terbuka, seperti di dekat taman atau kolam. Untuk pencahayaannya, Anda dapat memasang lampu gantung diatas meja makan atau permainan lighting pada plafon ruang makan.
Penataan dekorasi piring, sendok, garpu, dan cara pelipatan serbet yang menarik juga dapat meningkatkan gairah makan. Dan tidak lupa, letakkan buket bunga di tengah meja agar membuat ruang makan Anda menjadi lebih hidup.

(ahmad mutakabbir / Berbagai Sumber)

0 comments:

Posting Komentar

  ©Template by classicstudio,s blog.