Tips Mencegah Penularan Penyakit Di Perumahan


Pada dasarnya persyaratan perumahan harus dipertimbangkan agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan, baik secara jasmani, rohani maupun social. Beberapa persyaratan agar penyakit tidak mudah menular dan kesehatan penghuni rimah tetap terjaga adalah :

  1. Tersedianya persediaan air bersih/air minum. Air bersih sangat diperlukan baik sebagai sarana pembersih maupun sebagai bahan untuk air minum harus memenuhi syarat-syarat kesehatan.
  2. Bebaskan Rumah dari vector atau binatang binatang pengerat. Keadaan rumah maupun halaman serta linkungannya menjamin tidak terdapatnya sarang vector atau binatang pengganggu lainya. Hal ini terkait dengan konstruksi maupun keadaan dan kelengkapan fasilitas yang digunakan seperti adanya tempat penyimpanan sampah yang baik, dan kebersihan yang selalu terjaga.
  3. Tesedianya tempat pembuangan tinja dan air limbah yang memenuhi syarat sanitasi. Luas ukuran kamar jangan sampai menimbulkan suasana ‘crowded “. Luas kamar minimum dalah ukuran 2,5m x 3 m dengan ketinggian langit-langit 2,75-3 m.
  4. Sediakan fasilitas untuk pengolahan dan penympanan makanan/minuman yang bebas dari pencemaran ataupun dari jangkauan vector maupun binatang pengerat.
(ahmad mutakabbir)


0 comments:

Posting Komentar

  ©Template by classicstudio,s blog.